USIL adalah tanda SAYANG

Gadis Cilik Penjual Yakult

Aku punya ade angkat, namanya zahra biasa dipanggil rara. Dia adalah salah satu anak yang mengontrak tepat di samping rumahku. Rara itu usianya hampir 2 tahun, memiliki fisik yang sehat-berisi bukan berarti gemuk. Tingkah lakunya yang tidak bisa diam dan kalaupun berbicara nyerocos namun tidak jelas. Hampir setiap hari, rara main ke rumahku terutama jam sore sampai malam hari, bahkan hingga dia tertidur pulas di rumah ku sambil menonton tv. Kedatangannya telah meramaikan kehidupan d rumahku, bisa dikatakan rara seperti anak ketiga di rumahku. Yang jikalau, ayahku atau mas agung pulang kerja, rara selalu menyambutnya dengan teriakan dan langkah kecil yang meramaikan. Begitu pula jikalau aku pulang dari kampus, tanganku selalu disalim atau tak kadang aku menyium pipi kanan-kirinya.

Lalu apa hubungannya dengan judul di atas?

Akhir-akhir ini aku seneng sekali usil terhadapnya. Usil melakukan segala hal apapun yang intinya aku senang sekali membuatnya menangis. Mulai dari mencegatnya berjalan, menakut-nakutin dengan suara kucing karena dia sangat takut kucing atau kalau mendengar kucing pasti rara langsung berlari, mengunci dalam ruang gelap di kamarku sehingga dia takut, pokokknya apa sajalah yang intinya aku senang jikalau dia menangis.

Sekilah aku flash back dengan masa kecilku. Membandingkan masa kecilku dengan masa kecilnya “rara”. Dulu kakakku sering sekali melakukan hal ini terhadapku. Senang sekali membuatku menangis, rasanya seperti seorang adek yang dizolimi smack down sama kakaknya, kakaku rasanya seperti “merdeka” jika adenya menangis, padahal jelas-jelas aku tidak suka. Dan, aku berfikir, jadi ini toh rasanya jadi kakak, yaaa meskipun sebatas kakak angkat. Aku mulai berfikir, apa yang telah kakakku lakukan dulu terhadapaku sama halnya dengan yang aku lakukan sekarang terhadap rara à seorang kakak yang suka membuat adenya menangis. Aku merasakan adanya perasaan suci yaitu perasaan sayang seorang kakak dengan adiknya? Lalu bagaimana dengan anda yang memiliki ade? Apakah sama halnya sepertiku?


2 responses to “USIL adalah tanda SAYANG

Leave a Reply

