5 Inspirasi Hari Ini

Sumber : http://www.hasnulsuhaimi.info
Hasnul Suhaimi adalah CEO PT XL Axiata Tbk. (provider selular XL).

Ada beberapa topik yang bagus dan sangat menginspirasi sekali, diantaranya tentang :

1. Kepemimpinan
Kepemimpin adalah sebuah karakter.
Dalam bisnis misalnya, ketika perubahan demikian cepat, dan industri telah berevolusi dari “komoditas” ke “pengalaman”, maka diperlukan karakter-karakter yang kuat untuk memimpin perusahaan.

Dalam melihat kepemimpinan, kita bisa menggunakan metafora “hujan”. Konsepnya sederhana, yakni seorang pemimpin harus mampu menjadi air hujan yang turun mengalir dan memberi manfaat bagi lingkungannya . Selanjutnya, kepemimpinan juga tidak hanya bicara tentang atribut yang tampak (matang, peduli, inovatif) melainkan harus menyentuh ke level strategi dan eksekusi, bila perlu. Kepemimpinan yang efektif bisa dilihat dari hasil akhir eksekusi terhadap strategi yang telah ditentukan.

2. Cita-cita
Cita-cita harus spesifik.
Menentukan cita-cita tertentu itu ibaratnya seperti orang yang sedang berjalan untuk mencapai tujuan. Misalnya saja, kita ingin pergi ke Bogor dengan jalan kaki. Apakah itu sesuatu yang mustahil? Tentu tidak. Namun, jika sejak awal kita langsung membayangkan betapa jauhnya Bogor (dari Jakarta), bisa jadi sebelum merentang langkah pertama nyali sudah ciut duluan. Kenapa tidak kita bayangkan saja bahwa untuk sampai ke Bogor, kita harus menempuh setidaknya satu kilometer dulu, lalu kilometer berikutnya dan seterusnya? Dalam hal ini, yang penting adalah, arahnya jelas ke Bogor.

3. Menentukan target yang benar
Dalam hidup ini, kita melihat ada orang yang terlalu mudah memasang target bagi dirinya sendiri. Tapi, tak sedikit pula yang membuat target terlalu tinggi sampai stres sendiri.
Contoh kasus yang dialami pak Hasnul Suhaimi :
Dengan mentargetkan XL jadi nomor 2, bukan berarti kita tidak mau jadi nomor satu. Dalam rangka untuk memberi motivasi kepada karyawan, hal itu saya lakukan. Namun, bagi saya sebenarnya itu lebih merupakan arah yang mesti kita tuju. Target kita lebih kepada, misalnya, bagaimana melayani pelanggan sebaik-baiknya. Kalau pelanggan puas, otomatis kita akan jadi nomor dua atau bahkan nomor satu. Sehingga, kalau itu tidak tercapai, arahnya sudah benar.

4. Melihat dengan 2 mata
Tidak selamanya orang yang sangat menguasai ilmu komputer selalu menjadi paling baik, meskipun saya akui keahlian dunia programming lebih baik dibandingkan dengan anak Sistem Informasi. Kenapa ada program studi Sistem Informasi yang lebih baru padahal ada program studi Ilmu Komputer yang sudah lama ada di Fasilkom UI.
Kasus :
Ketika kita terjun ke dunia yang lebih nyata, misalkan dihadapkan dalam dunia kerja. Terkadang pekerjaan menuntut kita untuk mengerti di bidang marketing, bisnis, sales, costomer, human resource, produksi, dll meskipun kita ahli di bidang IT. Akan terasa lebih lengkap jika kita mampu mengerti di bidang lain, dengan begitu kita bisa melihat risiko maupun analisis dari 2 mata yang saling terkait, yaitu dari sisi IT dan sisi lainnya. Sehingga terkadang banyak kita temukan, lulusan S1 Teknik lalu dilanjutkan S2 mengambil management bisnis, atau S1 ekonomi dilanjutkan dengan mengambil S2 teknologi informasi atau ilmu komputer, dan tidak banyak yang melanjutkan S2 sama dengan jurusan bidang S1-nya. Lalu bagaimanakah dengan anda?

5. Membantu sesama membuat hidup lebih bermakna
Membantu meringankan beban hidup sesama rasanya membuat hidup kita terasa lebih bermakna. Bayangkan, kalau setiap orang yang mampu berbuat hal yang sama, membiayai anak-anak tak mampu dari kampung halaman masing-masing, maka akan semakin banyak anak Indonesia yang tertolong pendidikannya. Subhanallah🙂


One response to “5 Inspirasi Hari Ini

  • akatsuki

    Sekali dayung 2-3 pulau terlwewati.

    Tujuannya akhirat insya Allah dunia dapat.
    Lumayan nih, penyemangat di tahun ketiga, jadi tambah bingung mau S2 dulu atau kerja dulu atau langsung bikin wirausaha aja?!:\

    Sepertinya S2 sambil wirausaha boleh jg.
    Atau kerja sebentar sebelum S2 jg bisa.
    Yang jelas Mapres dulu sebelum lulus. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: