Seharusnya aku lebih merasa sedih disaat aku……

Beberapa minggu lalu, aku sempat mengalami beberapa masalah. Salah satunya adalah ketidakadilan. Yang tidak aku habis pikir, kenapa hal ini terjadi pada diriku???

Mungkin aku tidak perlu menyebutkan namanya.
Mungkin aku juga tidak perlu menceritakan spesifik kejadiannya. Namun…ada hikmah dibalik kejadian ini

Apakah itu? Intinya adalah…….

Memang…aku akui saat ini aku sangat membutuhkan uang, untuk bayar ini…bayar itu….dll.
Aku tak kuasa dan mulai merasa tidak enak selalu minta uang sama orang tua, aku ingin punya penghasilan sendiri dan semua biaya kehidupanku biarkan aku sendiri yang beranggung jawab… Meskipun memang benar…uang yang butuhkan tidaklah sedikit, bisa dibilang untuk golongan mahasiswa sangat besar. Dari mana aku bisa mendapatkan uang sebanyak itu???

Akhirnya, aku berusaha kesana-kesini cari tambahan uang. Aku juga berusaha membantu orang lain untuk mencapai pendapatan sendiri seperti yang aku lakukan.
Namun yang terjadi adalah….
Kenapa aku tidak terpilih…kenapa aku tidak menang untuk mendapatkan uang tersebut. Mungkin uangnya tidak seberapa, namun lumayan laaah untuk menambah saldo tabungan di bank…
Padahal aku juga membantu mereka yang menang, dan mereka juga tau info ini dariku. Bahkan aku bela-belain sampai ke kantor pusat, sedangkan teman-teman yang lolos hanya bisa bertanya kepada diriku. Tetapi mengapa mereka yang mendapatkannya???
Aku bingung dan tidak habis pikir, dan yang membuatku sakit…kenapa mereka bisa tertawa dan membicarakan apa yang mereka peroleh dihadapanku…padahal aku merasa miris-miris….
Layaknya seperti seorang anak yatim piatu, yang sedang ngobrol bersama teman-temannya. Dimana yang diobrolkan adalah saling membanggakan kedua orang tuanya. Itulah yang aku rasakan…

Mungkin sehari-dua-tiga hari aku masih murung, namun berjalannya waktu…aku mulai bisa ikhlas dan bisa melupakannya.

Tapi apa hikmahnya????
Suatu ketika, aku naik angkot dan disebelahku adalah seorang nenek. Dia sangat menikmati masa tuanya dan fisiknyapun masih bisa dikatakan lincah, meskipun sudah tua.
Yaaaaaa…..aku mendengar pembicaraanya….
Suatu ketika dia pergi haji, dan selama di Arab…dia sering bertemu dengan anak kecil, yang selalu membantu menolongnya menuntut ke suatu tempat yang dituju saat kesasar. Padahal dia tidak mengenal anak kecil tersebut. Hal ini tidak hanya terjadi sekali, tapi sering sekali.
Mengapa bisa terjadi???
Yaaa… Tuhan tidak pernah tidur, nenek tersebut sering mencurahkan kasih sayangnya berbagi dengan anak-anak kecil di sekitar rumahnya saat di Indonesia, baik itu sisi materi maupun batiniah. Subhanallllaaaaah…..

Sejak saat itu aku berfikir dan mengaitkannya dengan masalahku….
Seharusnya aku lebih merasa sedih disaat aku tidak bisa memberi dari pada menerima, saat aku tidak bisa menampakkan tangan kiriku daripada tangan kananku. Mungkin kejadian ini sebagai teguran buatku, aku kurang bersyukur, kurang berbagi dengan sesama…atau mungkin aku yang sekarang sangat sombong? Tapi masa siih? Entahlah…aku tak tahu.
Setidaknya aku mengucapkan terimakasih karena Allah karena telah mengingatkanku….
Bahwasannya segala apapun yang aku lakukan sekarang, insyallah akan dibalas oleh Allah SWT.
Jadi….

Seharusnya aku sedih disaat aku tidak bisa memberi daripada menerima, dan yakinlah.....apapapun yang kita lakukan hari ini, pasti akan dibalas oleh Allah SWT, entah itu masih di dunia ataupun di akhirat...

2 responses to “Seharusnya aku lebih merasa sedih disaat aku……

  • akatsuki

    “Dan barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji zarah niscaya ia akan menerima pahalanya, dan barangsiapa yang melakukan keburukan sebesar biji zarah niscaya ia akan menerima balasannya.” (Qs. Az-Zalzalah: 7-8).

    Yakinlah yg menurut kita baik untuk kita, belum tentu benar2 baik untuk kita, biarkan Dia yg memilihkan karena Dia Maha Mengetahui mana yg terbaik untuk kita.🙂

  • Renny Wijayanti

    like this bung fajar
    btuuul dan setuju skali dengan kalimat :
    Yakinlah yg menurut kita baik untuk kita, belum tentu benar2 baik untuk kita….

    thx a lot bro udah comment😉

Leave a Reply

