Belajarlah

ilmuItulah mengapa ayat yang pertama kali turun ke bumi adalah perintah untuk belajar. Kegiatan belajar itu dapat diperoleh dari banyak membaca,  mendengar, mengamati, bereksperimen dibandingkan dari banyak bicara (banyak omong). Banyak loh sekarang orang yang banyak ngomong, tapi landasan atau alasannya kurang kuat, alias sotoy, hahaha. Atau banyak bicara tanpa memberika solusi. *kaya aku udah jago beragumentasi aja, hahaha :p*

Suatu malam 17 Ramadhan 610M, Nabi Muhammad yang sedang galau, merenung di gua Hiro. Bahkan seorang Nabi saja pernah galau, ahahah. Seorang nabi juga manusia, yang jika sedang galau membutuhkan waktu & ruang sendiri menjauh dari keramaian. Dia didatangi malaikat Jibril yang membawa wahyu dari langit. Jibril berkata, “Bacalah!” dan dalam ketakutan Nabi menjawab “Aku tidak bisa membaca”. Kemudian malaikat Jibril memeluk badan nabi dengan erat dan  mengulangi ucapannya “Bacalah!” namun nabi masih menjawab ‘Aku tidak bisa membaca”. Hal ini terjadi sampai tiga kali. Sehingga, kemudian Jibril membacakan 5 ayat pertama surat Al Alaq kepada nabi.

al alaq

Ilmu adalah sebab kemuliaan sedangkan harta justru akan menghinakan kecuali yang mampu menjadikannya sebagai sarana ibadah. Allah berfirman, “Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu” (Al Mujadalah : 11). Aku jadi teringat quotes seseorang yang terkenal sekali, ternyata ada benarnya bahkan dia menjadi seseorang yang sangat  melegenda dan orang yang paling berpengaruh di dunia, Steve Jobs namanya. Yang sudah memberikan kebermanfaatan bagi orang banyak. Bayangkan jika tidak ada Apple? Hanya ada jeruk ato pisang, wkwkwk #jayus 70% majalah di US tidak akan meluncurkan edisi terbaru esok hari setiap harinya. 60% anak-anak tidak akan memiliki komputer. 64% pengajar tidak memiliki komputer. Lebih dari 1/2 website dibuat melalui tools Macs. So, there’s something worth saving all of it. See? [sumber buku : “Steve Jobs in His Own Words“].

steve jobs

Tetap rendah hati & tetap haus akan ilmu, rwaaaaaaaaarrrr *ahahahaha*🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: