Ikatan Batin

connecting

Percaya gak percaya, tapi aku cukup percaya dengan ikatan batin/kejaiban/apalah namanya. Aku sudah mengalaminya berkali-kali dengan orang yang sama, diantaranya nyokap, brother, keponakan, teman sebut saja xyz & abc. Anehnya, kenapa aku tidak pernah punya pengalaman dengan beberapa sahabatku yang sudah bertahun-tahun saling mengenal dekat? Aneh -_-

  • Nyokap (Ibu)

Pada tahun 2011, kedua orang tuaku alhamdulillah pergi menunaikan haji. Sebut saja pada hari x di pagi hari, aku shalat shubuh. Saat shalat subuh, gak tau kenapa muncul perasaan khawatir, gak enak, gak nyaman yang fokus pada sosok nyokap. Itulah kenapa, aku mengadu pada Allah & memanjatkan doa dengan perasaan sangat dalam semoga nyokap dalam keadaan baik-baik saja. Tak lama kemudian sekitar jam 11-an siang waktu Indonesia pada hari yang sama, nyokap telepon dan menanyakan kabarku “Ren, kamu baik-baik saja, kan?”. Tersentaklah batin gw saat itu juga. Sepulang nyokap dari Arab, kemudian aku bertanya “Bu, waktu itu kenapa tiba-tiba telepon renny, ya?” Kemudian Ibu menjawab, “Ibu waktu itu kebayang muka kamu terus. Ibu khawatir kamu kenapa-kenapa.” Aku sengaja tidak membahas hal ini sewaktu nyokap masih di Arab karena aku tidak ingin membuatnya khawatir. That’s it.

  • Brother (Mas Agung)

Ketika aku merasa kangen sama brother. Pasti bakalan ketemu di halte busway Ragunan saat berangkat kantor atau satu bis transjakarta atau di hari weekend aku pasti pergi hang out bersamanya. Ini sudah kejadian beberapa kali (kalau gak salah >3x).

  • Keponakan (Baby Andaru)

Ketika aku merasa kangen atau di isi kepalaku terngiang-ngiang sosok keponakan, pasti tak lama kemudian aku mendengar kabar baby Andaru sedang sakit. Ini juga sudah kejadian beberapa kali (ada 3x).

  • xyz

Aku sedang bersih-bersih rumah dan tak sengaja aku menjatuhkan gelas minum di dapur. Saat menjatuhkan galas, seketika terlintas kepikiran orang xyz ini disertai perasaan gak enak gak karuan. Ternyata benar kan! Tak lama beberapa jam, aku mendapatkan kabar gak enak tentang orang xyz ini. Beneran pahit, bahkan lebih pahit daripada obay puyer, wkwkwk #jayus

  • abc

Dengan orang abc ini, aku sudah seriiiiing banget kejadian kurang lebih selama setahun terakhir padahal jarang ketemu. Sebut saja ada satu kejadian saat aku makan siang, aku merasakan perasaan gak enak dan kepikiran abc. Sampai aku mengatakan dengan teman makan disebelahku “Ko perasaan gw g enak yaa? Tiba-tiba gw inget abc”. Kurang dari seminggu, ternyata benar. Si abc curhat ke aku bahwa sedang ada masalah.

—————————–

Sering kita menemukan sesuatu yang berteriak di hati tetapi tak bisa kita kendalikan dengan pikiran kita sendiri. Sesuatu yang kita rasakan tentang orang terdekat, entah apapun itu. Dan ternyata, hal itu sedang terjadi di tempat yang berbeda atau akan terjadi dalam beberapa jam/beberapa hari kemudian. Kesannya ko sinteron banget, tapi ini beneran kenyataan loh dalam hidupku. Sesuatu banget kan? Ajaib!


Leave a Reply

