Jilbab

hijab-siluet

OK, Izinkanlah aku akan berbagi cerita tentang aku memutuskan untuk memakai jilbab. Aku menggunakan jilbab sejak pertengahan tahun 2009 (kuliah tingkat 3 semester ganjil). Sebelum memakai jilbab, hampir semua pakaianku berukuran agak besar yang tidak terlalu membentuk badan (intinya tidak ngetat, tidak terbuka dan juga tidak terlalu kebesaran). Gayaku sebelum memakai jilbab: rambut hitam panjang terurai/kadang dikuncir pony tail dengan poni samping, sesekali menggunakan kaca mata (padahal cuma minus 1/4 ahahaha *intinya cuma buat gaya-gayaan doang dah supaya terkesan cool & smart), celana jeans sesekali rok selutut, flat shoes, atasan kaos/kemeja polo shirt –> intinya gaya gw banget dah (sayangnya pas kuliah udah lepas behel, pasti tambah keren & lucu gimana gtu kalau pake behel, ahahaha #fail

Berikut ini beberapa alasan & kejadian yang menyebabkan aku semakin mantap berjilbab:

  1. Sejak 2008, setiap jumat aku mengikuti liqo (alhamdulillah punya mentor yang baik). Dimulai dari mentoring, aku menggunakan jilbab setiap Jumat, meskipun menurutku menggunakan jilbab terlihat old school (kuno). Suatu hari, kakak mentorku yang baik hati menyarankanku menggunakan jilbab setiap hari. Aku hanya bilang “iya ka, iya ka”. Yang paling aku pikirkan adalah “duh ko panas banget yaa kalau main basket pake jilbab”, hahaha
  2. Aku baru saja putus (broken heart). Salah satu alasan putus adalah alasan agama. Dia mengatakan, islam tidak mengenal pacaran *intinya gitu deh, tak perlu diceritakan lebih detail. Sebab asal muasal itulah aku mencari tau, yang pada akhirnya aku memahami kenapa islam menganjurkan wanita muslimah memakai jilbab *browsing sana-sini, curhat ke mentor, menafsir kandungan ayat Al Quran, dll* Alhamdulillah dapet hidayah habis putus pacaran, haha
  3. Suatu hari ada rapat kerja BEM di puncak. Aku sekamar dengan beberapa wanita yang diantaranya menggunakan jilbab. Disitu aku mengamati, subhanallah ternyata wanita yang melepas jilbab itu lebih cantik dari aslinya yaa. Itulah mengapa keindangan seorang wanita baiknya ditutup, bukan untuk dipamerkan.
  4. Aku mencoba menggunakan jilbab 2x dalam seminggu. Suatu hari bukan di hari Jumat dimana aku berjilbab. Ada beberapa orang yang mengatakan “Alhamdulillah, renjay udah resmi pake jilbab.” Kemudian aku hanya diam tersenyum, bingung berkata apa. Akhirnya di hari besoknya tanpa menyakiti orang-orang yang merespon positif perubahan dalam diriku, aku memutuskan menggunakan jilbab setiap hari (meskipun stok pakaian panjang & jilbab bisa dikatakan masih sedikit). Tapi aku percaya, insyallah selama punya niat baik, pasti dimudahkan jalannya.
  5. Sebelum pake jilbab, setiap berangkat kuliah saat melewati jalan kober aku sering disapa oleh abang-abang dengan sapaan yang kurang sopan. Namun sejak aku berjilbab, orang-orang tersebut menyapaku dengan “Assalamualaikum”. Dari situ aku membuktikan, jilbab membuat image seseorang menjadi dihormati dengan baik dan terjaga.
  6. Aku kuliah di kampus yang mayoritas laki-laki. Di awal perkuliahan tingkat 3 semester ganjil, aku punya peran menjadi Penanggung Jawab Mentor Pembinaan Mahasiswa Baru (PMB) selama satu semester sehingga aku harus bisa memberikan contoh yang baik ke adek-adek kelas maupun sesama anggota mentor lainnya. Terkadang muncul perasaan insecure diantara para laki-laki meskipun mereka tidak macam-macam terhadapku.

Yaa begitulan singkat cerita kenapa aku memutuskan berjilbab. Aku bersyukur karena kedua orang tuaku adalah orang yang sangat demokratis, mereka tidak pernah memaksakan anak-anaknya menggunakan jilbab. Mereka membebaskan anak-anaknya namun aku harus bertanggung jawab atas apa yang sudah aku putuskan. Terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan hidayah dan menghidupkan aku di lingkungan ­orang-orang baik. Semoga aku selalu istiqomah sampai akhir hayat dan selalu menebar kebaikan dengan orang-orang sekitar, amiin🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: