10 Sifat Wanita yang Mendatangkan Rezeki Bagi Suami

suami-istri

Banyak suami yang mungkin tidak tahu bahwa rezekinya mengalir lancar karena peranan istri. Memang tidak bisa dilihat secara kasat mata, namun bisa dijelaskan secara spiritual bahwa 10 sifat istri ini ‘membantu’ mendatangkan rezeki bagi suaminya.

  1. Istri yang pandai bersyukur

Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan: jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmatKu) maka sesungguhnya adzabku sangat pedih. (QS. Ibrahim: 7)

  1. Istri yang tawakal kepada Allah

Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupnya keperluannya. (Ath Thalaq: 3)

  1. Istri yang baik agamanya

Rasulullah menjelaskan bahwa wanita dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, kecantikannya, nasabnya, dan agamanya.

Pilih karena agamanya, niscaya kamu beruntung.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

  1. Istri yang banyak beristighfar

Di antara keutamaan istighfar adalah mendatangkan rezeki. Hal itu bisa dilihat dalam surat Nuh ayat 10-12.

Maka aku katakan kepada mereka, Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, memperbanyak harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) sungai-sungai untukmu. (QS Nuh 10-12).

  1. Istri yang gemar bersilaturahmi

Istri yang gemar menyambung silaturahmi, baik kepada orang tuanya, mertuanya, sanak familianya, dan saudari-saudarinya seaqidah, pada hakikatnya ia sedang membantu suaminya memperlancar rezeki. Sebab keutamaan silaturahmi adalah dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya.

Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahmi. (HR Al Bukhari dan Muslim).

  1. Istri yang suka bersedekah

Istri yang suka bersedekah, dia juga pada hakikatnya sedang melipatgandakan rezeki suaminya. Sebab salah satu keutamaan sedekah sebagaimana disebutkan dalam surat Al Baqarah, akan dilipatgandakan Allah hingga 700 kali lipat. Bahkan hingga kelipatan lain sesuai kehendak Allah.

Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir ada seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui. (Al Baqarah: 261)

  1. Istri yang bertaqwa

Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. (At Thalaq 2-3).

  1. Istri yang selalu mendoakan suaminya

Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepadaKu niscaya Aku kabulkan. (QS. Ghafir: 60).

  1. Istri yang gemar shalat dhuha

Shalat dhuha merupakan shalat sunnah yang luar biasa keutamaanya. Shalat dhuha 2 raka’at setara dengan 360 sedekah untuk menggantikan hutang sedekah tiap persediannya

Di dalam tubuh manusia terdapat 360 sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya. Maka para sahabat bertanya, Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah? Beliau menjawab, Engkau membersihkan dahak yang ada di masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika tidak menemukan (sedekah sebanyak itu), maka dua raka’at dhuha sudah mencukupimu. (HR Abu Dawud).

  1. Istri yang taat dan melayani suaminya

Salah satu kewajiban istri kepada suami adalah mentaatinya. Sepanjang perintah suami tidak dalam rangka mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, istri wajib mentaatinya.

Lantas apa hubungannya dengan rezeki? Ketika seorang istri taat kepada suaminya, maka hati suaminya pun tenang & damai. Ketika hatinya damai, ia bisa berpikir jernih dan kreatifitasnya muncul. Semangat kerjanya pun menggebu. Ibadah juga lebih tenang. Insyallah rezekinya pun lebih lancar.

Sumber: Webmuslimah

Note to my self, smangaaat!🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: