Masa

Aku melihat dunia dalam tiga dimensi : masa lalu, masa kini, dan masa depan. Masa adalah waktu. Tuhan itu adil memberikan waktu kepada setiap manusia 24jam, ndak ada yang dikasih lebih atau kurang. Waktu yang begitu berharga bahkan lebih berharga daripada uang. Uang habis masih bisa dicari lagi. Sedangkan waktu berlalu, aku bisa cari kemana yah? Tak bisa aku pungkiri, aku sendiri belum bijaksana dalam memanfaatkan waktuku. Ada banyak orang-orang terbaik di sekitarku yang pernah aku abaikan, aku acuhkan, aku tidak prioritaskan, dll…. cuma karena alasan keogisan, kemalasan, kelelahan fisik, dan keluhan menghadapi hidup.

.

Apa yang paling aku ingat dari masa lalu?

Aku mencari-cari sendiri di dalam ingatan, di rongga waktu yang sudah aku lewati. Aku melihat gambaranku mulai dari yang paling membahagiakan sampai yang sedih (saat merasa ditampar Tuhan tahun 2004, 2007, 2010, 2013, 2016 —> baru sadar polanya ko setiap 3 tahun sekali yah, haha). Tamparan itu banyak sekali memberikan aku hikmah & pelajaran hidup. Namun, di atas semua itu kita menemukan diri sendiri, kita hidup dalam waktu bukan? Apapun kejadian di masa lalu itu semua akan berakhir. Pasti suatu hari nanti aku akan tertawa lepas atas pengalaman sedih/senang yang pernah aku alami. Ko yah dulu lebay banget yah, sampe nangis, sampe turun 1-2kg, sampe ngebolang sendirian ke jogja (pas kelas 2 SMA & kuliah), sampe gak doyan makan, wkwkwkwk

.

Apa yang paling aku risaukan masa kini?

Tentang masa depan. Tentang ekspektasi orang tersayang (orang tua) yang tidak bisa aku penuhi & itu bikin aku sedih. Tentang belahan jiwa. Tentang kuliah s2. Tentang bertanggung jawab atas pekerjaan di kantor. Tentang proses mencari panggilan hati dimana aku butuhnya apa ya, bukan aku inginnya apa ya. Tentang sulitnya mengendalikan diri. Tentang hakikat kebahagiaan itu ada di hati yang sebenarnya tidak bisa diganti dengan uang sebesar apapun. Tentang sifat-sifat negatifku. Tentang kurang fokus memperbaiki diri sendiri daripada menghabiskan waktu untuk menilai orang lain atau mendengarkan penilaian orang lain tentang diri sendiri, padahal saat dihadapan Allah yang ditanya adalah diri sendiri bukan orang lain, hiks banget bukan? T_T

.

Apa yang paling aku ketahui dari masa depan?

Akan jadi apa aku? Akan jadi apa anakku kelak? Akan seperti apa keluargaku? Barangkali aku & suamiku akan membangun cinta dari dalam rumah sesuai ajaran Al Qur’an dan Hadist Rasul demi menuju surga-Nya, mencintai pasangan sepenuh hati dengan segala kekurangannya, mendidik anak-anak dengan sebaik-baiknya, agar aku tidak dilupakan dan tak terlupakan.

Namun semua itu hanya akan berakhir di sebuah rumah masa depan yang bernama kuburan (1×2 meter). Disana mungkin akan tertulis batu nisan dengan nama, tanggal lahir, tanggal kematian kita semua. Mudah-mudahan orang akan mengenang hal-hal baik tentangku, mendoakanku, yang pernah hidup bersamaku dalam waktu. Oleh karena itu siapapun nanti anakku & suamiku tersayang, kalian adalah aset akhiratku. Aku akan sangat bersalah jika aku tidak mampu mendidik anak-anak menjadi manusia yang berakhlak baik, bermanfaat, soleh/solehah. Bunda tak minta hartamu tetapi Bunda minta kamu menjadi manusia bermanfaat, selalu shalat 5 waktu & doamu untuk orangtuamu ini nak, karena Bunda takut sama Allah, Bunda takut masuk neraka. Itu saja.

.

Pada akhirnya, dari semua keinginan diri sendiri, selalu saja ada kendali Tuhan yang menentukan aku kemana. Aku punya banyak keinginan, tetapi Tuhan lah yang paham atas apa yang aku butuhkan daripada yang aku inginkan. Semoga Tuhan senantiasa melindungi kita semua di jalan yang benar. Amiiin…. Bicara tentang masa, aku jadi teringat suatu ayat Al Asr (1-3) yang ada benarnya.

masa_4


Leave a Reply

