Rambut

Oke, berhubung gw sering nulis yang serius-serius, kali ini gw bakalan nulis yang agak santai.

Kebetulan hari ini gw baru saja melakukan perawatan rambut (sendiri di kosan). Sejak kecil diajarin nyokap, gw sering melakukan perawatan rambut dengan cara tradisional. Maklum orang-orang di rumah (termasuk keponakan) adalah keturunan pemikir, jadi rambutnya gak terlalu lebat & mudah rontok. Tapi alhamdulillah sih masih punya rambut hitam, lurus, & panjang. Sejak kecil, rambut gw di kepala sering diolesi santan kelapa atau kemiri yang disanrai atau lidah buaya. Hasilnya memang gak kalah dengan di salon sih, bahkan lebih murah.

Rambut adalah mahkota wanita. Bayangkan jika semua wanita di dunia ini botak? Gak usah botak deh, dipotong mirip cowok (cepak), contohnya di bawah ini. Tau gak ini siapa? Ini Anne Hathaway ketika memainkan peran di Les Miserables. 1st impression ya biasa aja kan, ya ga? Paling cuma liat hidungnya mancung, kulitnya putih, bibirnya merah. Intinya gak ada yang bisa bikin gemes-gemes kecup semanis permen lolipop gitu deh *apaan deh :))

anne-hathaway

Bandingkan ketika dia cantiknya disini! Auuuuuuum…..! Aaaaaaaak…….! Maintenance cost-nya berhasil nih nyonya, wkwkwk :)))

anne hathaway

anna

Mungkin yang fans berat Anne Hathaway bakalan rela jadi suami ke sekian karena doi cantik banget meskipun usianya sudah 30an thn, gw aja seneng banget liatnya sampe gw simpan foto itu di pinterest *laaah. Bukan bermaksud naksir cewek, tetapi kadang cewek-cewek cantik dengan gayanya yang chic bisa jadi inspirasi gw dalam bergaya sehari-sehari sih.

.

Yang jelas nih ye, kalau semua cewek di dunia ini botak. Kagak bakalan ada tuh ibu-ibu penjual jilbab atau penjual aksesoris jilbab. Kagak ada anjuran dalam agama islam disuruh pake jilbab bagi para wanita *mungkin sih ini, sotoy mode on. Islam pasti selalu punya alasan tanpa perlu dibuktikan untuk menganjurkan wanita untuk menutup aurat (perhiasan). Barusan googling, ada salah satu ayat di Al Qur’an (Surat An Nur ayat 31) dikatakan begini :

.

Katakanlah kepada orang laki–laki yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allâh maha mengatahui apa yang mereka perbuat.” Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada dst……

.

Tanpa bermaksud percaya gak percaya dengan ayat tersebut sebelum menggunakan jilbab. Aku sadar ketika ngobrol dengan beberapa teman laki-laki pas SMA bagaimana gatelnya tangan mereka saat melihat rambut gw panjang terurai, katanya pengen dielus-elus. Bahkan selain rambut aja, pernah ada juga cowok yang seneng cuma liat kaki seorang wanita itu berhasil bikin jadi jatuh cinta, eh bujug! Tetapi yah ada juga sih cowok yang seneng liat cewek pake jilbab daripada terbuka kaya diobral, katanya lebih adem & lebih terhormat. Gw bahkan selalu merasa risih ketika ada cowok *bukan pacar gw* ngeliatin gw yang gimana-gimana banget, entah rasanya pengen gw tampar atau colok matanya aja, wkwkwk. Gw cuma seneng diliat sama cowok yang gw sayang, itu aja ko. Baru sadar pas SMA gw udah nampar cowok juga sih, wkwkwk Makanya dulu gw cuek banget sama penampilan sekarang juga masih sih tapi mendingan lah, alasannya biar g digoda sama cowok. Eh tetapi justru karena gw cuek sama penampilan, mantan gw lari ke wanita lain. Ampuuuun, apes dah :))) *tapi yah jadi belajar sih, penampilan itu penting.

.

Dari dulu (tepatnya sejak berjilbab) gw sebenarnya kasian sama makluk yang namanya laki-laki, karena godaan terbesar mereka itu wanita (bahkan ada hadist yang mengakuinya). Makanya gw selalu memaklumi kalau mata cowok itu jelalatan. Bahkan pastinya semua mantan gw juga begitu, hahaha. Kalau ndak kek gtu, yah gak normal, jangan-jangan mereka suka cowok lagi terus mungkin juga impoten >.< *kagak ada hubungannya :)). Yah mau gimana lagi, emang udah kodratnya sih yah. Gw bebasin dah tuh sekarang. Tapi yang jelas kalau udah jadi laki gw, kudu dijaga baik-baik dah tuh laki gw biar kagak ngelirik kemana-mana apalagi pelacur. Makanya istri harus bisa jadi pelacur biar suami ingetnya pelacur yang ada di rumah bukan di tempat lain, eaaaaak :)))

Ini ko ceritanya jadi kemana-mana, padahal awalnya ngebahas rambut, ahahaha

Oke lanjutin bagaimana cara gw merawat rambut yah yang sesekali gw lakukan 2 minggu sekali. Ini biasanya gw lakukan misalkan gw lagi males ke salon atau lagi pengen quality time sendiri (memanjakan diri sendiri).

Caranya :

  • Bilas & bersihkan rambut
  • Keringkan dengan handuk
  • Oleskan kulit kepala dengan masker rambut. Masker rambut itu harganya kisara +/- Rp.100.000 (bisa habis dalam 3-4 bulan). Kalau ndak mau menggunakan masket rambut, bisa mengguna yang lain. Contohnya kamu bisa baca artikel aku di halaman ini atau bisa juga dengan santan kelapa, lidah buaya, kemiri.
  • Selesai diolesi, kemudian pijat perlahan & merata agar meresap ke dalam akar rambut
  • Tutup rambut dengan kain, diamkan selama +/- 1 jam
  • Bilas rambut dengan air bersih
  • Bilas rambut dengan shampoo
  • Keringkan rambut dan rasakan perbedaanya, pokokknya jadi lebih bersih, seger, dan nyaman.

Okaaay sekian saja iseng-iseng tulisan gw malam ini. Apapun titipan Allah yang ada di badan kita, itu baiknya dijaga baik-baik, lebih bagus lagi cukup dinikmati oleh orang-orang terkasih dengan cara yang halal. Daaaagh & selamat mencoba! Night🙂


Leave a Reply

